Post Page Advertisement [Top]

Rachmat Yumadhi : Strategi Marketing ditengah wabah Corona Virus

Rachmat Yumadhi  :Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Pamulang

Seperti apakah strategi marketing di saat sedang banyaknya wabah Covid-19 atau Corona seperti saat ini, strategi memasarkan produk yang seperti apa yang bisa berjalan dan tetap efektif?Jika pendemi dan virusnya semakin luas penyebarannya, maka dapat dipastikan juga di sector bisnis pun akan banyak dampaknya. Dalam penyelenggaraan PPKM saat ini, diantaranya terbatasnya akses untuk keluar rumah serta memajibkan kita untuk tetap di dalam rumah dan karantina akan berdampak kepada pelanggan akan merasa semakin terasingi. Jawabannya adalah Kita memerlukan cara atau strategi pemasaran yang bisa dibilang lebih efektif ditengah wabah covid-19 yang tepat untuk produk yang akan kita pasarkan.

Krisis yang sedang berlangsung menekan para pebisnis UKM untuk terus bertahan, sehingga perlu adanya strategi pemasaran produk UKM. Ada sebagian bisnis yang justru meningkat, sedangkan yang lainnya berjuang untuk hanya satu atau dua penjualan. Ini berarti, kita sebagai pebisnis harus memikirkan kembali upaya apa yang akan dilakukan agar membuat bisnis tetap berjalan.

Di bawah ini adalah beberapa strategi pemasaran produk untuk UKM yang dapat diterapkan selama wabah COVID-19.

a.     Jangan hanya berjualan, tunjukkan dukungan terhadap strategi pemasaran di masa pandemi bisnis kita Sebagai pebisnis, Anda perlu memiliki strategi pemasaran produk. Tapi pertanyaan paling mendasar dalam pikiran biasanya "Bagaimana saya bisa menjual lebih banyak produk?".
Tetapi alih-alih memikirkan penjualan sepanjang waktu, pikirkan tentang "Bagaimana bisnis saya dapat mendukung pelanggan selama krisis virus corona?". Padahal, jika kita hanya fokus pada keuntungan dalam keadaan saat ini, belum tentu mendatangkan keuntungan bagi bisnis kita. Sesekali cobalah untuk memberikan layanan atau produk kami kepada pelanggan yang membutuhkan bantuan.

b.     Strategi pemasaran produk selama pandemi Covid-19: Gunakan tema dan kata kunci untuk penentuan posisi yang benar. Strategi pemasaran produk selama pandemi coronavirus adalah berita besar. Itu wajar bagi semua orang untuk membicarakannya. Bahkan pelanggan mulai memahami apa itu virus corona, dan membeli produk sesuai kebutuhan mereka dalam beberapa minggu ke depan untuk melindungi diri dari penyebaran.
Ini memberikan peluang untuk berbagai bidang bisnis seperti perawatan kesehatan, produk medis, makanan dan minuman, dan kebutuhan lainnya. Dengan alat yang tepat, kami dapat menganalisis data online untuk menentukan siapa yang membaca tentang virus corona dan jenis konten yang mereka baca. Setelah itu, kita bisa mengelompokkan topik atau kata kunci yang mereka minati sehingga bisnis kita bisa menyediakan konten yang benar sesuai kebutuhan mereka saat ini.

c.     Strategi pemasaran produk melalui aplikasi dan konten online di masa pandemi. Salah satu strategi pemasaran produk, jika bisnis kita memiliki aplikasi, kita bisa memaksimalkan fungsionalitas dari aplikasi kita. Fungsi maksimal dapat berupa fungsi lama atau fungsi baru sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Kita juga bisa memasukkan konten yang dibuat dengan mencari topik dan kata kunci ke dalam aplikasi. Namun konten yang kita buat harus tetap relevan. Misalnya, ketika kita menjalankan bisnis kesehatan atau kebugaran, kita bisa membuat fitur khusus untuk melaporkan gejala Covid-19, atau kita bisa membuat konten tentang olahraga sederhana dan membuat makanan sehat untuk membantu pelanggan melawan virus corona.

d.     Dalam strategi pemasaran di masa epidemi, pastikan keamanan produk kita tercermin dalam kegiatan promosi. Untuk memastikan produk kami ditampilkan dengan aman selama masa promosi-7 strategi pemasaran produk UKM selama krisis virus Covid-19, kami perlu lebih memperhatikan semua promosi atau penjualan yang kami berikan.
Hindari semua kesan negatif yang dapat merusak merek komersial kita. Kami juga dapat menyediakan video kepada pelanggan tentang cara melengkapi keamanan dan jaminan produk. Ini akan membantu mereka menjadi lebih yakin bahwa kita meminimalkan risiko penyebaran virus Covid-19.

e.     Strategi pemasaran produk di masa pandemi Covid-19 memanfaatkan berbagai media. Jika bisnis UKM atau UKM kita saat ini memiliki permintaan yang tinggi untuk produk tertentu, namun bisnis tersebut sulit untuk mendapatkan persediaan karena penghentian sementara produksi, keterlambatan logistik atau masalah lainnya. Kami dapat memberi tahu pelanggan tentang hal-hal ini.

 


 

Bottom Ad [Post Page]