Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHeader

KEY OF SUCCESS STRATEGIC ALLIANCES BY NAQOY


               Kuglin (2002) menyatakan bahwa ada beberapa faktor kunci sukses yang mendukung kesuksesan aliansi strategis yaitu; (1) visi yang kuat untuk aliansi. (2) makna dari aliansi yang menggabungkan passion dan focus, (3) komitmen yang tidak tergoyahkan untuk berhasil tanpa rasa takut akan kegagalan.

           Sementara menurut Wheelen & Hunger (2012) ada 5 faktor  yang membuat sebuah aliasnsi strategi sukses, diantaranya adalah :
1. Mengembangkuatkan "trust" dan "interpersolal Communication" semua pihak  dari unsur internal seperti pimpinan dan staf serta yang jauh lebih penting adalah dengan pihak-pihak luar. 
2. Terbuka dengan berbagai informasi untuk membangun trust serta komitmen bersama untuk mencapai target aliansi.
3. Masing-masing pihak bekerja dengan wawasan jangka panjang (Long-Term Time Horizons) dan menghindari konflik-konflik yang bersifat jangka pendek (Short-Term).
4. Menyusun dan melalukan implementasi bersama dalam "Monitoring, Evaluating dan Controlling".
5. Bersedia melakukan renegosiasi  tentang materi akibat perubahan lingkungan usaha dan perkembangan yang menarik dari peluang-peluang baru.

                 Menurut Naqoy (2023) sebuah aliasnsi bekerja dengan baik ketika memiliki 3 hal utama sehingga tercapai tujuan besar yang dicita-citakan oleh aliansi tersebut yaitu :
1. Kecocokan dalam melihat masa depan dan peluang , ini sangat penting karena ketika apa yang dilihatnya berbeda akan memberikan cara pandang yang sangat beda, Hal ini akan menyulitkan strategi dibuat bersama sesama aliansi.
2. Fleksibiltas terhadap perubahan yang datang, walau kesepakatan sudah dibuat dalam kertas yang bersegel hukum akan tetapi kejutan dalam dinamika bisnis bisa saja terjadi, ketika memiliki mitra yang kurang fleksibel maka akan membuat kesulitan dalam menghadapi perubahan mendadak. 
3. Masing-masing pihak adalah Great Team Player. Sulit membayangkan jika sebuah aliansi besar ada tim yang kurang mendukung, tim yang mudah menjatuhkan dan membuat sesama tim sulit bergerak. 

--------------------------------------------------
Training & Consulting Manajemen dan Bisnis Coaching
NAQOY LEARNING CENTER ( 087878289001)

Bottom Ad [Post Page]